Mencintai Diri Sendiri

Mencintai adalah menaruh kasih sayang kepada sesuatu atau bisa dikatakan menerima sesuatu itu dengan apa adanya. Kita boleh mencintai apa saja, terlebih lagi penting  dan harus mencintai diri sendiri.  Mencintai diri sendiri itu tentang  penerimaan diri, penguasaan diri dan rasa hormat kepada diri sendiri. Siapa lagi yang mau mencintai diri kita jika bukan kita dulu yang memulainya ? Penting diketahui bahwa sebelum kamu mencintai orang lain, cintailah dirimu sediri.  Mulailah dari sekarang untuk mencintai diri sendiri dengan mengetahui apa kelebihan dan kekurangan kita masing-masing. Dengan kelebihan yang kita milki janganlah tinggi hati dan harus dengan lapang menerima kekurangan yang kita miliki. Tidak ada manusia yang dilahirkan sempurna tanpa memiliki kekurangan. Jadi, jangan malu memiliki kekurangan dan jangan jadikan omongan orang tentang kekuranganmu membuat kamu benci dengan dirimu, ketahuilah bahwa kamu layak dicintai dan kamu tidak seperti apa yang orang lain pikirkan.

Jika kamu sudah mencintai dirimu, omongan orang mungkin hanya seperti angin lewat dan kamu akan lebih terhindar dari setres dan depresi. Orang yang setres, depresi dan kemudian melakukan tindakan bunuh diri adalah contoh orang yang tidak mencintai diri sendiri. Memang banyak orang yang belum mengetahui tentang pentingnya mencintai diri sendiri. Padahal, dengan mencintai diri sendiri kamu akan lebih bisa berpikir positif dan lebih percaya diri. Setiap orang dilahirkan dengan keunikan masing-masing. Berhentilah membanding-bandingan dirimu dengan orang lain karena itu hanya membuang-buang waktumu. Yang harus kita lakukan adalah bersyukur, karena dengan bersyukur kamu akan memandang segala sesuatu dengan positif.

Di balik setiap kelemahan pasti ada kekuatan. Dengan mencintai diri sendiri kamu akan lebih fokus pada kelebihan dan kekuatan yang kamu miliki dan akan menjadikan kamu lebih produktif dalam menjalani hidup dan menggapai impian. Fokus dengan kekuatan yang kita miliki bisa di mulai dengan memaafkan kesalahan-kesalahan diri sendiri di masa lalu dan menjadikan itu sebagai pengalaman dan pembelajaran di masa depan.

Mencintai diri sendiri atau bisa dikatakan self love berbeda dengan selfish. Self love itu memprioritaskan diri sendiri sebelum orang lain, mempertimbangkan diri sendiri dalam mengambil keputusan, dan melakukan apa yang disukai tanpa merugikan orang lain. Sedangkan,  selfish  itu tidak peduli orang lain hanya memikirkan diri sendiri, sama sekali tidak mempertimbangan orang lain dalam mengambil keputusan, dan memaksakan kehendak pada orang lain. Self love is not Selfish.

Langkah-langkah untuk menerapkan self love adalah dengan melakukan self care. Self care bisa kamu lakukan dengan merawat tubuh seperti , beri tubuh waktu yang cukup untuk istirahat, makan yang teratur, cukup minum air putih, dan jangan lupa berolah raga. Selanjutnya bisa dengan melakukan me-time, karena dengan melakukan ini kamu akan lebih mengenal dirimu sendiri dan coba lakukanlah self-talk saat me-time yaitu berbicara dengan diri kamu sendiri dan mengeluarkan kata-kata penyemangat dan kalimat-kalimat positif. Hal inisangat penting dilakukan, karena kamu akan mendengarkan ucapanmu  sendiri dan ini secara tidak langsung akan berpengaruh dalam cara kamu memandang dirimu sendiri serta apa yang kamu yakini.

Kamu juga perlu melakukan apresiasi diri sebagai bagian dari bentuk mencintai diri sendiri. Bisa dengan mengatakan “Maafin aku ya sering gak bersyukur, banyak mengeluh, dan kadang merendahkan diri atau menyalahkan diri sendiri. Dan terima kasih sudah bertahan sejauh ini, sudah mau berjuang, aku tau kamu kuat.”

Itulah  cara-cara mencintai diri sendiri. Cintai dirimu ya dan jangan lagi insecure kamu berhak bahagia kok. Bagaimana? Sudah mencintai diri sendiri? Mulai dari sekarang yaah, love your self first before others.

Komentar

  1. Bacaan yang sangat menginspirasi terutama bagi para pemuda agar lebih bisa menerima dan mencintai diri "love self". Luar biasa🙂

    BalasHapus
  2. Terima kasih.. sangat berguna bagi pembaca

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini